Rabu, 03 September 2014

Perampingan Kabinet J0k0wi Mengundang Sinisme

Kamis, 04 September 2014 07:24 wib | Achmad Fardiansyah - Okezone

Perampingan Kabinet Jokowi Mengundang SinismePresiden terpilih Joko Widodo (Foto: Okezone) JAKARTA - Wacana adanya perampingan kementerian di Kabinet presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menuai pro dan kontra, serta berpotensi mengundang sinisme dari pendukungnya sendiri.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio, mengatakan meski tidak negatif dalam perampingan tersebut, hanya saja jika dikaitkan dengan politik akomodasi akan menuai kontroversi.

"Tidak negatif selama kinerja menteri dan birokrasinya bagus. Namun perampingan ini mengundang sinisme terutama jika dikaitkan dengan politik akomodasi, yaitu, pertama, sinisme dari pendukung Jokowi yang tidak diakomodasi dalam kementerian. Kedua, sinisme dari beberapa partai di koalisi merah putih yang mungkin elitnya masih berharap untuk diajak gabung ke dalam pemerintahan," kata Agung kepada Okezone, Rabu (3/9/2014).

Dijelaskannya, sikap sinisme yang hebat bukan berasal dari partai di luar koalisinya, melainkan dari pendukungnya sendiri.

"Dalam penyusunan kabinet, pertentangan yang paling hebat bagi Jokowi untuk kabinet ramping bukan dari koalisi merah putih tetapi dari partai-partai pendukung dan sukarelawan yang mendukung Jokowi, serta yang tidak kalah pentingnya adalah Jusuf Kala (JK)," bebernya.

Oleh karenanya, Agung melanjutkan, Jokowi harus mengakomodasi kepentingan yang berasal dari strukturnya, meski yang dilakukanya tidak maksimal.

"Tugas Jokowi adalah mengakomodasikan segala kepentingan tadi ke dalam struktur kabinet yang ideal walau tentu saja tidak akan memuaskan semua pihak," tutupnya.(fid) (ahm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://news.okezone.com/read/2014/09/04/339/1034018/perampingan-kabinet-jokowi-mengundang-sinisme
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger