Rabu, 27 Agustus 2014

Pertamina EP Berencana Tambah Bisnis C02

Kamis, 28 Agustus 2014 09:28 wib | Dani Jumadil Akhir - Okezone

Pertamina EP berencana kembangkan bisnis Co2 . (Ilustrasi foto: Okezone)Pertamina EP berencana kembangkan bisnis Co2 . (Ilustrasi foto: Okezone) SUBANG - PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang berencana untuk menjual gas CO2 (Karbondioksida) dari stasiun Pengumpul Gas Subang yang terletak di Subang Field. Penjualan co2 ini akan menjadi masukan tambahan bagi Pertamina EP.

Assisten Management L&R Subang Field PT Pertamina EP Asset 3, Yosi Ardilla, menjelaskan Kapasitas CO2 yang dihasilkan dari proses produksi gas di stasiun Pengumpul Gas Subang diperkirakan mencapai 30 mmscfd per hari dari total produksi gas rata-rata sebesar 237 mmscfd.

"Dari total produksi gas itu 23 persen CO2. Pelanggan itu enggak mau kalau beli gas, ada kandungan CO2-nya. Batas minimalnya 9 persen. Kalau itu ada kandungan CO2-nya diatas 10 persen akan merusak pembangkit listriknya, konsumen biasanya protes," kata dia di kantornya, Subang, Kamis (28/8/2014).

Lebih lanjut Yosi mengungkapkan, bisnis penjualan CO2 ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya dilakukan Subang Field. Karena pada beberapa tahun lalu, salah satu Stasiun Pengumpul Gas di daerah Cimalaya telah terlebih dahulu melakukannya dengan PT Samator. "Kontraknya akan habis, tapi kayanya akan diperpanjang," kata Yosi.

Dia menerangkan persetujuan jual CO2 dilakukan melalui kantor pusat dan harus diketahui oleh SKK Migas karena ada Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). Menurutnya, penjualan CO2 berpotensi akan menyerap lebih banyak lagi.

"Adanya peningkatan permintaan, ada yang minta 10 mmscfd. Banyak yang serap ya kami senang-senang saja," pungkasnya.
(mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://economy.okezone.com/read/2014/08/28/19/1030887/pertamina-ep-berencana-tambah-bisnis-co2
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger