Jumat, 29 Agustus 2014

Obama: Rusia Danai Separatis di Ukraina

Jum'at, 29 Agustus 2014 19:29 wib | Hendra Mujiraharja - Okezone

Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Foto: Reuters)Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Foto: Reuters) WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengecam Pemerintah Rusia yang sudah mengirimkan pasukan ke Ukraina. Obama menilai Rusia bertanggung jawab atas kekerasan yang terjadi di negara itu.
 
Berbicara dalam jumpa pers di Washington, orang nomor satu di AS itu mengatakan ikut mendorong, melatih, memberikan perlengkapan senjata, dan mendanai separatis di daerah itu. Obama memperingatkan kepada Moskow pengangsian lebih meluas.
 
"Rusia telah dengan sengaja dan berulang kali melanggar kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Gambar terbaru dari pasukan Rusia dalam wilayah Ukraina membuat jelas bagi dunia untuk melihat ini," kata Obama.
 
"Untungnya, pasukan Ukraina mengalami kemajuan dalam memberikan perlawanan terhadap separatis," lanjutnya, sebagaimana diberitakan The Guardian, Jumat (29/8/2014).
 
Obama kembali membantah AS akan mengirimkan bantuan militernya. Tapi, dia mengjlaim keterlibatan Rusia di Ukraina semakin meningkat. Fakta ini akan semakin menyulitkan bagi Rusia terancam mendapatkan sanksi yang lebih berat lagi.
 
"Sebagai hasil dari tindakan yang sudah dilakukan oleh Rusia, kami telah menyiapkan sanksi utama dengan mitra dari Eropa dan internasional, membuat Rusia semakin terisolasi dari dunia luar sejak perang dingin. Kondisi ini memaksa investor mulai meninggalkan Rusia, sehingga berpengaruh terhadap ekonomi yang menurun," ujar Obama.
 
"Kami tidak akan mengirimkan bantuan Militer untuk membantu memecahkan masalah Ukraina. Apa yang kami lakukan adalah memobilisasi masyarakat internasional untuk menekan Rusia," sambungnya. (hmr)
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://international.okezone.com/read/2014/08/29/414/1031740/obama-rusia-danai-separatis-di-ukraina
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger