Selasa, 19 Agustus 2014

Ical Gundah Gulana Ratapi Pelaksanaan Dem0krasi di Ind0nesia

Selasa, 19 Agustus 2014 - 23:15 wib | ant -

Ical Gundah Gulana Ratapi Pelaksanaan Demokrasi di IndonesiaAburizal Bakrie (Foto: Dok. Okezone) MEDAN - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Aburizal Bakrie mengaku melihat fenomena yang mulai mengkhawatirkan terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia yang menunjukkan indikasi perpecahan.

"Saya merasa gundah gulana karena masyarakat seperti terbelah dua," katanya dalam acara halal bihalal bersama Partai Golkar dan Depidar Soksi Sumut di Medan, Selasa (19/8/2014) malam.

Menurut dia, fenomena mengkhawatirkan itu semakin terlihat dari Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 dengan banyaknya materi kampanye yang didasarkan pada prinsip primordialisme.

Pola yang menonjolkan primordialisme tersebut justru menyebabkan Indonesia mengalami kemunduran yang cukup jauh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pada 28 Oktober 1928, kita sepakat satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Tetapi pada 2014, kita justru terjebak primordialisme," kata politisi yang akrab disapa Ical itu.

Sebenarnya, kata Ical, perbedaan pendapat adalah fenomena yang lumrah dalam demokrasi disebabkan adanya ketidaksepahaman mengeni sesuatu.

Dalam sebuah demokrasi yang baik lanjutnya, perbedaan pendapat tersebut tidak boleh menyebabkan hilangnya persatuan dan persaudaraan yang dibutuhkan dalam pembangunan bangsa.

Untuk itu, diperlukan gerakan moral yang kuat untuk mencerdaskan masyarakat agar tidak mudah terpecah belah meski memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda.

"Seluruh rakyat harus bisa disatukan karena perbedaan bukan berarti permusuhan," kata mantan Menko Kesra tersebut.

Ia menambahkan, prinsip persatuan dan kepentingan jangka panjang tersebut menjadi 'ruh' penting dalam pembentukan koalisi Merah Putih yang diikuti Partai Golkar.

"Koalisi Merah Putih tidak didirikan untuk memenangkan satu pasangan, melainkan kepentingan bangsa jangka panjang," pungkasnya. (ant//put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://news.okezone.com/read/2014/08/19/568/1026975/ical-gundah-gulana-ratapi-pelaksanaan-demokrasi-di-indonesia
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger