Kamis, 28 Agustus 2014

Berikut Isi Tata Perilaku RI-Australia

Kamis, 28 Agustus 2014 15:21 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Presiden SBY saat bahas hubungan dengan PM Australia Tony Abbott (Foto: AFP)Presiden SBY saat bahas hubungan dengan PM Australia Tony Abbott (Foto: AFP) NUSA DUA - Pemerintah Indonesia dan Australia resmi menandatangani kesepahaman bersama tata perilaku (CoC) kedua negara. CoC ini merupakan tindak lanjut dari tindak penyadapan yang dilakukan Australia beberapa waktu lalu.

Berikut isi kesempahaman bersama tata perilaku dikutip dari keterangan pers yang diterima okezone.

1. Para pihak (Indonesia-Australia) tidak akan menggunakan setiap intelijen mereka, termasuk kapasitas penyadapan atau sumber daya lainnya, dengan cara-cara yang dapat merugikan kepentingan para pihak.

2. Para pihak akan mendorong kerja sama intelijen antara lembaga-lembaga dan badan-badan yang relevan sesuai dengan hukum dan peraturan negara masing-masing.

Seperti diketahui, CoC adalah tindak lanjut dari penyadapan yang sempat dilakukan di Australia di 2013. Pada saat itu beberapa pejabat tinggi Indonesia termasuk SBY disadap pembicaraannya oleh Australia.

Tingkah ini membuat Indonesia mengambil langkah tegas. Di antaranya adalah penarikan Dubes RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema dan pembekuan sejumlah kerjasama keamanan.

Namun setelah disepakatinya CoC, turut membuka babak baru kerjasama intelijen antar kedua negara. Menlu Marty Natalegawa menyebutkan bahwa kedua negara akan meningkatkan kerjasama intelijen.

Marty menambahkan, kerjasama ini adalah hal penting yang harus dicapai. Pasalnya, di dalam kerjasama tersebut banyak kepentingan bersama yang sangat penting bagi Indonesia dan Australia. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://international.okezone.com/read/2014/08/28/411/1031094/berikut-isi-tata-perilaku-ri-australia
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger