Selasa, 26 Agustus 2014

AS Naikkan Suku Bunga, Ek0n0mi RI Terancam

Rabu, 27 Agustus 2014 13:30 wib | Selfiani Hasanah - Okezone

AS Naikkan Suku Bunga, Ekonomi RI Terancam (Ilustrasi: Reuters)AS Naikkan Suku Bunga, Ekonomi RI Terancam (Ilustrasi: Reuters) JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib basri mengatakan bila the Fed menaikkan suku bunga 100 basis poin maka seluruh emerging market akan affected.

"Isunya kalau nantinya normalisasi bukan current account tapi dari capital account, karena return dari investasi di Amerika lebih tinggi dibandingkan return emerging market," ujarnya saat ditemui di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Dirinya mengatakan beberapa antisipasi yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam menghadapi hal tersebut.

"Tugasnya misalnya diversifikasi financing , misalnya kerjasama dengan BPJS, mereka beli SUN pemerintah, sehingga ada financial depening , bisa juga dilakukan dana haji sehingga lembaga-lembaga domestik bisa beli SUN lebih banyak," jelasnya.

Chatib menambahkan, kendati demikian semuanya  tergantung dari financing luar yang lebih kecil, dan dirinya menambahkan hal ini penting bila nantinya akan terjadi reverse.

"Kalau asing terlalu besar dampak capital marketnya akan lebih besar, bulan lalu, share dari foreign holders itu dalam bonds kita tertinggi dalam sepanjang sejarah 37 persen," tutupnya.
(rzk)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://economy.okezone.com/read/2014/08/27/20/1030481/as-naikkan-suku-bunga-ekonomi-ri-terancam
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger