Rabu, 27 Agustus 2014

88 Jamaah Gagal Berangkat Haji

PASURUAN - Sebanyak 88 orang calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, gagal berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Mereka di antaranya gagal berangkat lantaran tak kunjung melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) hingga batas akhir yang ditentukan.
 
Kasi Penyelenggaraan Umroh dan Haji, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan, Imron Muhadi, mengungkapkan, tidak dilunasinya BPIH tersebut disebabkan beberapa faktor. Selain tiga orang di antaranya karena meninggal dunia, penyebab lainnya karena faktor kesulitan ekonomi.
 
"Faktor penyebabnya bermacam-macam. Tapi sebagian besar karena faktor ekonomi yang tidak mendukung. Sehingga mereka lebih mendahulukan kepentingan yang lain," kata Imron Muhadi.
 
Menurut Imron, pelunasan BPIH ini sebenarnya diberikan tenggang waktu hingga dua tahap. Untuk tahap I, dari 988 jamaah yang mendapat kuota keberangkatan, mereka yang melunasi sebanyak 908 orang, sedangkan tahap II, dari 53 jamaah, hanya 45 yang melunasinya.
 
"Mereka yang tidak melunasi BPIH, secara otomatis menggugurkan hak keberangkatan menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Tapi mereka bisa berangkat atau masuk dalam daftar tunggu untuk tahun berikutnya," kata Imron.
 
Dengan tidak dilunasinya BPIH, lanjut Imron, jumlah jamaah yang seharusnya berangkat menjadi berkurang dari jumlah yang ditetapkan menjadi 962 orang. Sementara kuota tambahan yang diberikan Kemenag pusat untuk Kabupaten Pasuruan hanya sembilan orang.
 
Saat ini, Kemenag Kabupaten Pasuruan fokus menyelesaikan pempasporan jamaah yang sudah mencapai 90 persen dan pendistribusian tas dan buku panduan ibadah haji. Sementara jamaah yang mendaftarkan haji pada saat ini, diperkirakan baru bisa berangkat ke tanah suci pada tahun 2031. 

(ful)

http://surabaya.okezone.com/read/2014/08/28/521/1030814/88-jamaah-gagal-berangkat-haji
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger