Kamis, 17 April 2014

Kapten Tidak di Kemudi saat Kapal Feri Sew0l Tenggelam

Jum'at, 18 April 2014 11:27 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Kapten Kapal Sewol, Lee Soon-Jeok (Foto: Reuters)Kapten Kapal Sewol, Lee Soon-Jeok (Foto: Reuters) JINDO - Peristiwa tenggelamnya Kapal Feri Sewol di Korea Selatan (Korsel) pada Rabu 16 April 2014, menguak banyak fakta tentang kapten kapal. Ternyata, ketika insiden itu terjadi, kapten kapal tidak berada di kemudi.

Seorang perwira junior ditugaskan untuk mengendalikan kemudi dari kapal feri tersebut. Sebelumnya, kapten beserta anak buah kapal (ABK) dilaporkan keluar terlebih dahulu dari kapal dibandingkan para penumpang.

"Kapten kapal kemungkinan besar tidak berada di anjungan (saat kecelakaan terjadi). Petugas yang berwenang saat itu adalah perwira juniornya," ujar petugas penyelidik kecelakaan, Park Jae-Eok, seperti dikutip Reuters, Jumat (18/4/2014).

Tim penyelamat saat ini memompa oksigen ke kapal feri dan tiga alat berat pemangku berada dilakukan kejadian. Tiga alat berat itu tengah disiapkan untuk mengangkat kapal.

Mengenai tuduhan pengabaian yang dilakukan oleh kapten dan ABK Sewol terhadap penumpang, sebagian besar dari keluarga korban penumpang menyalahkan kapten dalam insiden ini.

Sementara saksi pun mengatakan bahwa kapten dan beberapa ABK menyuruh penumpang untuk tetap berada di bangku penumpang, ketika kecelakaan terjadi.

Sang kapten bernama Lee Joon-seok itu menyatakan penyesalan dan rasa malu kepada keluarga penumpang. Sementara permintaan maaf juga diucapkan oleh Presiden Chonghaejin Marine Kim Han-sik.

Kapal feri Sewol meninggalkan Incheon, yang terletak di pantai barat daya Korsel pada Selasa, 15 April 2014 untuk perjalanan semalam ke pulau wisata di selatan, Jeju. Ada 475 orang di atas kapal itu, termasuk 325 mahasiswa dari Danwon High School di Ansan, dekat Seoul. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.
http://international.okezone.com/read/2014/04/18/413/972247/kapten-tidak-di-kemudi-saat-kapal-feri-sewol-tenggelam
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger