Sabtu, 19 April 2014

Hujan Abu Merapi Tak Ganggu Aktivitas Penerbangan di Adisucipt0

YOGYAKARTA - Hujan abu tipis menyelimuti wilayah selatan Gunung Merapi, tak terkecuali Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Hujan abu itu dinilai belum mengganggu aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

"Mulai tadi pagi hingga sekarang ini (sekira 10.25 WIB) belum ada gangguan akibat abu. Aktivitas penerbangan masih berjalan sesuai jadwal," ujar Manager Air Navigator Bandara Adisucipto Yogyakarta, Albertus Bagio Murdianto, dikonfirmasi Okezone, Minggu (20/4/2014).

Pria yang menjadi ujung tombak boleh tidaknya pesawat lepas landas maupun mendarat di Bandara tersebut, mengaku terus berkoordinasi dengan air navigator di beberapa bandara yang ada di Indonesia mengenai adanya hujan abu tipis ini.

"Semua peralatan di bandara juga tidak masalah. Kami cek semua mulai radar dan semuanya," ujar Bagio yang tinggal di Maguwoharjo, Depok, Sleman itu.

Pihaknya juga terus menjalin komunikasi dengan Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) mengenai kondisi cuaca. Cuaca hari ini pascaerupsi Merapi, juga terlihat cerah.

Setiap harinya ada sekira 120 sampai 135 pesawat yang hilir mudik di Bandara Adisucipto. Bahkan, pesawat latih dari TNI AU juga memakai bandara tersebut.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Merapi pukul 4.26 sampai 04.40 WIB tadi mengakibakan sejumlah wilayah di DIY dan Jateng diguyur hujan abu.

Saat meletus, lava pijar meluncur sejauh satu kilometer dari puncak Merapi. Letusan ini dipicu gempa teknonik yang terjadi di Samudra Hindia beberapa waktu lalu. 

(ris)

http://jogja.okezone.com/read/2014/04/20/510/972899/hujan-abu-merapi-tak-ganggu-aktivitas-penerbangan-di-adisucipto
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger